Hal Yang Dihindari Pasien Sakit Ginjal

Hal Yang Dihindari Pasien Sakit Ginjal

Hal Yang Dihindari Pasien Sakit Ginjal – Ginjal adalah organ badan yang memiliki peran penting dalam memfiltrasi kotoran dalam darah

Bila ginjal hancur, karena itu seorang harus lakukan bersihkan darah secara teratur supaya toksin dan sampah pada darah dapat terbuang.

12 Hal yang harus dihindari oleh pasien Sakit ginjal

Ada banyak larangan keras untuk seorang yang menderita penyakit ginjal. Keadaan ginjal bertambah kronis bila konsumsi beberapa minuman ini dan makanan. Apa saja hal yang harus dihindari oleh pasien sakit ginjal? Baca artikel ini.

  1. Makanan yang mengandung garam yang tinggi

Makanan dengan kandungan garam berlebihan dapat menghancurkan ginjal. Dikutip bloodpressureuk.org, konsumsi garam tingkatkan jumlah natrium dalam saluran darah Anda yang dapat kurangi kekuatan ginjal Anda untuk keluarkan air.

Bila dimisalkan, darah yang pekat dengan garam akan membuat ginjal kamu bekerja tambahan untuk menyaringnya. Bila ini terjadi terus-terusan karena itu lama-lama keadaan ginjal akan makin parah.

  1. Makanan yang memiliki kandungan gula berlebihan

Gula bukan permasalahan untuk ginjal, terkecuali kandungan gula darah begitu tinggi. Dikutip kindey.org, ini umumnya terjadi pada diabetes type 1 dan type 2. Sesudah kandungan gula darah semakin tinggi dari 180 mg/dl, ginjal mulai menumpahkan gula ke urine.

Makin tinggi gula darah, makin banyak gula yang keluar dalam urine. Bila ginjal kamu normal, ini umumnya bukan masalah. Tapi, bila kamu menanggung derita diabetes, kebanyakan gula bisa mengakibatkan kerusakan ginjal.

  1. Makan makanan buatan

Beberapa fans makanan buatan yang menanggung derita penyakit ginjal kemungkinan perlu meredam diri. Ini karena konsumsi makanan buatan jadi pantanga untuk beberapa pasien sakit ginjal karena memiliki kandungan sodium tinggi dan fosfor.

Ginjal bekerja membantu badan mengendalikan kandungan fosfor pada darah dengan keluarkan kandungan fosfor yang berlebih. Pada ginjal yang hancur rupanya terjadi fosfor berlebihan dalam darah. Ini selanjutnya dapat membuat tulang menurun dan pembuluh darah kaku karena terjadi penimbunan fosfor.

Di bawah ini beberapa macam makanan yang memiliki kandungan fosfor dan sodium yang penting dijauhi pasien sakit ginjal.

  • Susu dan produk susu, seperti susu, yogurt, keju, es cream, puding yang memiliki kandungan susu.
  • Susu kedelai.
  • Gandum, seperti roti gandum, sereal, pasta.
  • Daging yang telah diolah, seperti sosis, daging patty.
  • Kacang-kacangan.
  • Cokelat, terhitung minuman coklat.
  • Minuman bersoda.
  1. Diet tinggi protein

Protein adalah gizi khusus yang membentu makanan dan biasa diketemukan dalam daging, kacang- susu, dan kacangan. Badan memang memerlukan protein untuk membuat otot, sel darah merah, sampai hormon. Tetapi, untuk beberapa pasien penyakit ginjal perlu kurangi konsumsi protein supaya tidak begitu banyak.

Larangan sakit ginjal yang ini rupanya bisa membuat keadaan ginjal yang telah memiliki masalah ini memburuk. Mengakibatkan, sampah protein tidak bisa disaring dengan maksimal dan memperberat kerja ginjal.

Hal itu yang membuat pasien masalah ginjal perlu batasi konsumsi protein atau mengganti makanan sumber protein yang umum dimakan.

Janganlah lupa membahas maslaah ini sama dokter atau pakar nutrisi Anda untuk ketahui berapakah jumlah dan sumber protein yang seharusnya dimakan.

  1. Minuman mengandung alkohol

Pada hari-hari tertentu ginjal yang sehat akan bekerja lebih keras dibanding umumnya, namun tetap dalam batasan normal. Tetapi, tidak untuk peminum alkohol yang menanggung derita sakit ginjal. Orang yang digolongkan sebagai peminum berat ialah mereka yang minum alkohol lebih dari tujuh sampai 14 kali seminggu.

Jika rutinitas itu dipertahankan, keadaan ginjal yang telah memiliki masalah pasti dapat memburuk. Masalahnya badan yang memiliki kandungan kandungan alkohol tinggi dapat mengakibatkan ginjal kehilangan fungsinya. Ginjal bukan hanya harus memfilter darah, tetapi jaga kesetimbangan kandungan air di badan.

Saat itu, alkohol sudah mempengaruhi kekuatan peranan ginjal dan dampak pengeringan pada peranan organ ginjal dan sel. Bahkan juga, konsumsi alkohol kebanyakan dapat tingkatkan tekanan darah dan berpengaruh buruk pada orang yang memakai beberapa obat untuk mengatur tekanan darah.

  1. Minuman berkarbonasi

Minuman bersoda umumnya memiliki kandungan asam fosfat tingkat tinggi yang kerap dihubungkan dengan batu ginjal dan permasalahan ginjal lainnya. Dikutip nytimes.com, sebuah riset yang diedarkan dalam jurnal Pandemiology mendapati jika minum dua ataupun lebih kola dalam satu hari tingkatkan resiko penyakit ginjal akut 2x lipat.

  1. Pemakaian obat pembasmi merasa sakit yang terlalu berlebih

Salah satunya larangan yang penting dijauhi pasien sakit ginjal ialah pemakaian obat pembasmi merasa sakit secara berlebihan. Tipe obat pembasmi merasa sakit (analgesik) seperti NSAID (obat anti-inflamasi) bisa kurangi rasa nyeri. Tetapi, obat ini rupanya dapat jadi memperburuk keadaan ginjal Anda.

Konsumsi obat analgesik, seperti ibuprofen, yang terlalu berlebih rupanya dapa turunkan peranan ginjal dan kurangi saluran darah ke ginjal. Jika dilanjutkan dalam waktu lama, resiko tidak berhasil ginjal akut juga meningkat. Biasanya ada cap peringatan jika obat analgesik tanpa resep jangan dipakai lebih dari 10 hari.

Bila Anda tidak bisa lepas dari analgesik, seharusnya konsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa menyarnakan obat apa yang penting dimakan supaya keadaan ginjal tidak memburuk.

  1. Merokok

Bukan rahasia kembali jika rokok beresiko untuk kesehatan badan, terhitung peranan ginjal. Ada faktor-faktor yang membuat rutinitas merokok jadi larangan saat alami sakit ginjal.

  • Memengaruhi obat yang dipakai untuk menangani hipertensi
  • Memperlambat saluran darah ke organ penting, khususnya ginjal

Tidak ada kata telat untuk kurangi sampai stop merokok untuk keberlangsungan hidup diri kita dan orang sekeliling Anda.

  1. Tidak banyak minum

Penuhi keperluan cairan harian memang baik, tapi untuk orang yang sakit ginjal rupanya kebanyakan minum menjadi larangan yang bikin rugi ginjal mereka. Mengapa begitu?

Ginjal yang telah hancur tidak mampu kembali memfilter kelebihan cairan yang berada di badan. Bila kebanyakan cairan pada tubuh, rupanya bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, tidak berhasil jantung, dan bengkak. Kelebihan cairan pada tubuh bisa juga melingkari paru-paru dan membuat Anda susah bernapas.

  1. Makanan dan minuman yang memiliki kandungan cafein

Kecuali teh dan kopi, cokelat dan makanan yang lain dengan rasa cokelat atau kopi simpan kafein. Zat ini bisa tingkatkan peredaran darah, tekanan darah, sampai depresi pada ginjal. Kerap konsumsi cafein menjadi salah satu factor yang kerap dihubungkan dengan pemicu penyakit ginjal.

  1. Daging dengan jumlah yang banyak

Protein dalam daging hewani memacu naiknya jumlah asam dalam darah. Ini termasuk beresiko karena imbas negatifnya pada ginjal. Asam yang berlebihan pada darah dapat mengakibatkan asidosis, keadaan di mana ginjal tidak bisa singkirkan asam secara cepat.

  1. Kekurangan tidur

Tahukah Anda jika rupanya kekurangan tidur bisa turunkan peranan ginjal? Kenyataannya, riset yang diterbitkan di World Journal of Nephrology menunjukkan jika masalah tidur berpengaruh pada peranan ginjal secara kesemuaan.

Pada intinya kerja ginjal ditata oleh transisi bangun pemiliknya dan tidur. Ini membantu mengatur beban kerja ginjal yang terjadi lebih dari 24 jam. Jika seorang tidak memperoleh tidur yang memadai, pengurangan peranan ginjalnya terjadi bisa lebih cepat, khususnya pada pasien sakit ginjal.

Makin lama Anda terbangun, makin berkurang waktu ginjal untuk beristirahat. Mengakibatkan, ginjal bekerja begitu keras dan jadi memperburuk keadaan sebelumnya. Oleh karenanya, kekurangan tidur jadi larangan untuk beberapa pasien sakit ginjal karena punya pengaruh besar pada pengurangan peranan ginjal.

Jadi itu beberapa larangan bagi beberapa pasien penyakit ginjal. Masih menjaga skema makan dan gaya hidup kamu agar sehat dan jauh dari semua penyakit.

Untuk seputar informasi lainnya tentang kesehatan bisa langsung mengkunjungi situs https://gudangobat.net