Makanan Sehat Tinggi Kalori

Makanan Sehat Tinggi Kalori

Untuk badan sehat, pasti tahu jika kamu perlu teratur konsumsi Makanan Sehat Tinggi Kalori seperti buah dan sayur untuk menjaga kesehatan.

Ke-2 nya ialah sumber serat, vitamin, mineral, dan anti-oksidan yang perlu untuk kesehatan.

Disamping itu, buah dan sayur umumnya cuman memiliki kandungan sedikit kalori, hingga tidak mengakibatkan kegemukan walau kita makan dengan jumlah banyak.

Makanan sehat Tinggi Kalori yang dapat Menambah Bobot Tubuhmu

Tetapi, sebenarnya Makanan Sehat Tinggi Kalori buah dan sayur tidak selamanya minim kalori. Ada juga beberapa macam buah dan sayur yang termasuk tinggi kalori.

Baca Juga: Kenari Tawarkan Bermacam Manfaat

Karenanya, konsumsi buah dan sayur itu seharusnya terbatasi untuk orang yang ingin turunkan berat tubuh, tapi dianjurkan untuk beberapa orang yang ingin meningkatkan berat tubuh. Apa tipe buah dan sayur yang tinggi kalori itu?

  1. Alpukat

Alpukat populer sebagai salah sebuah ajaib yang mempunyai segudang manfaat. Buah yang dagingnya halus dan creamy ini kaya mineral dan vitamin. Disamping itu, alpukat memiliki kandungan lemak baik yang dapat sehatkan jantung.

Tetapi, yang bernama lemak pasti mempunyai kalori yang cukup tinggi. Merilis Medical News Today, 100 g alpukat memiliki kandungan seputar 160 kalori. Sebuah alpukat memiliki ukuran sedang umumnya memiliki bobot 170 gr, alias sama dengan seputar 270 kalori.

Maknanya, bila kamu konsumsi sebuah alpukat memiliki ukuran sedang, kamu telah penuhi seputar 10 % keperluan kalori harianmu. Tetapi, karena alpukat cukup mengenyangkan, buah ini masih bisa saja opsimu saat ingin turunkan berat tubuh, seandainya kamu tidak mengkonsumsinya begitu banyak.

  1. Durian

Dapat disebut jika durian ialah buah yang disayangi orang, tapi dibenci oleh beberapa orang juga. Apa kamu pecinta durian? Jika iya, kemungkinan kamu sering susah mengendalikan diri saat tengah melahap buah yang satu ini. Berhati-hati, rutinitas itu dapat cukup bikin rugi, karena durian memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi.

Jumlah yang direferensikan saat makan durian ialah hanya 100 g alias seputar 3 buah durian. Jumlah itu telah memiliki kandungan seputar 150 kalori, lho. Walau kamu benar-benar menyenangi durian, tapi awasi konsumsinya, ya, khususnya jika kamu sedang dalam program turunkan berat tubuh.

  1. Kurma

Kurma ialah buah yang memiliki kandungan lumayan banyak kalori. Buah yang sama dengan situasi bulan Ramadan ini populer memiliki kandungan banyak gula yang dapat cepat memberikan kita energi. Kurma kaya vitamin, misalkan vitamin B6, dan mineral seperti magnesium dan kalium.

Tetapi karena memiliki kandungan tinggi gula, kandungan kalori kurma cukup tinggi. Seputar 100 g kurma memiliki kandungan 277 kalori, seperti dikutip di situs Healthline. Jumlah itu sama dengan kurang lebih 10 butir kurma memiliki ukuran sedang. Karena itu, untuk batasi kalori yang masuk di badanmu, coba batasi konsumsinya pada seputar jumlah itu saja.

  1. Kacang tanah

Kacang tanah ialah tipe kacang yang sering jadi cemilan atau bahan kombinasi makanan. Salah satunya kandungan khusus kacang tanah ialah lemak yang lumayan tinggi, yakni nyaris 1/2 dari beratnya. Karena itu, tidaklah aneh bila kacang tanah memiliki kandungan kalori yang lumayan tinggi, yakni seputar 567 kalori per 100 gram.

Jumlah itu telah sama dengan 20 sampai 25 % keperluan kalori harian kita. Maka seharusnya tidak mengkonsumsinya banyak-banyak jika kamu sedang ingin turunkan berat tubuh.

Meskipun begitu, kacang tanah bisa saja opsi cemilan untuk kamu yang ingin berat tubuhnya naik, karena kandungan proteinnya lumayan tinggi dan dapat mendukung perubahan ototmu.

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai bisa juga menjadi pilhan yang baik untuk mereka yang berat tubuhnya kurang ideal. Walau begitu, harus diingat jika kalori paling tinggi kacang kedelai dipunyai oleh kacang kedelai yang utuh. Merilis Healthline, 100 g kacang kedelai rebus memiliki kandungan seputar 173 kalori.

Saat itu, kacang kedelai yang telah dibuat jadi tempe, tahu, atau susu kedelai akan jauh menyusut kalorinya. Seperti kacang tanah, kacang kedelai bagus untuk perkembangan otot karena kaya protein, tapi kandungan lemaknya lebih rendah. Plus, sudah pasti kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan badan kita.

  1. Cabai Rawit

Siapa di sini yang menyukai konsumsi makanan pedas? Bahagialah Anda yang menyenangi makanan pedas dan sedang dalam usaha untuk bikin gemuk tubuh. Masalahnya cabai rawit terhitung tipe sayur menambah berat tubuh karena kandungan kalorinya cukup tinggi. 100 g cabai rawit sediakan 103 kalori. Makin banyak cabai rawit yang Anda makan, pasti makin banyak kalori yang masuk di dalam badan.

Bila Anda bukan seorang vegetarian, Anda bisa melahap sambal yang dibuat dari cabai rawit asli dengan lauk tinggi protein yang lain untuk menambahkan berat tubuh. Sudah pasti akan lebih bagus bila Anda melahap cabai rawit secara langsung. Misalkan, saat sedang makan gorengan, janganlah lupa untuk melahapnya bersama cabai rawit yang segar.

  1. Jagung

Jagung ialah tipe sayur yang termudah dibuat jadi bermacam makanan. Jika tidak mau repot, Anda dapat membakar jagung atau rebus. 100 g jagung memiliki kandungan 125 kalori. Bila Anda membakar jagung itu dengan mentega, pasti jagung itu menjadi sayur menambah berat tubuh yang cukup ampuh.

Disamping itu, jagung bisa juga diolah jadi bakwan jagung, jagung popcorn, atau manis. Tentukan langkah memproses jagung yang sesuai kemauan Anda. Jagung bisa juga jadi alternatif nasi yang Anda makan setiap hari, lho

  1. Bawang Putih

Sayur menambah berat tubuh yang selanjutnya ialah bawang putih. Tipe umbi berlapis ini sediakan energi yang cukup tinggi. 100 g bawang putih memiliki kandungan 95 kalori. Disamping itu, zat sulfur yang ada dalam bawang putih rupanya bisa membunuh sel kanker tanpa memunculkan dampak samping.

Mengonsumsi makanan yang memakai bawang putih sudah pasti bisa tingkatkan berat tubuh Anda. Tetapi seharusnya gabungkan bawang putih dengan tipe makanan tinggi protein, seperti daging ayam, daging telur, atau merah. Kecuali rasanya lebih lezat, pemakaian bawang putih pada tiap makanan yang Anda konsumsi pasti bisa tingkatkan berat tubuh lebih cepat.

  1. Wortel

Sayur dengan rasa yang manis ini dapat menambahkan berat tubuh karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. 100 g wortel tawarkan 41 kalori. Jumlah kalori pada wortel kemungkinan tidak sekitar jagung atau cabai rawit, tapi jumlah kalori wortel semakin besar dibandingkan kalori pada sayur hijau.

Wortel sebagai sayur yang bisa dibuat jadi bermacam jenis sajian. Anda dapat membuat sajian khusus sampai dessert dengan memakai bahan baku wortel. Rasanya yang manis membuat Anda tidak eneg saat harus melahap wortel sebagai menu makanan menambah berat tubuh.

  1. Ubi Jalar

Yang ini ialah sayur untuk menambahkan berat tubuh yang terhitung tipe umbi. Ialah ubi jalar, sayur dengan rasa yang renyah dan manis. Kandungan kalori dalam ubi jalar lumayan tinggi, yaitu 100 g ubi jalar memiliki kandungan 85 kalori. Maka ubi jalar dapat membuat Anda berasa kenyang.

Di Indonesia, ubi jalar bisa dikonsumsi dengan direbus atau dimasak. Langkah nikmati ubi jalar benar-benar sangat sederhana. Nach, bagaimana dengan Anda? Apa Anda pun menyenangi umbi yang mempunyai daging warna kuning dan ungu ini?

  1. Kacang merah

Tipe kacang yang kandungan kalorinya lumayan banyak ialah kacang merah. Seputar 127 kalori terdapat di dalam 100 g kacang merah rebus. Umumnya, kacang merah memang diproses dengan jadi sup dan direbus.

Kacang merah adalah sumber protein nabati terbaik. Kandungan karbohidratnya juga semakin banyak dibandingkan kacang tanah atau kacang kedelai, hingga bisa juga jadi sumber energi yang baik. Namun, karena dibarengi kandungan serat yang tinggi, karbohidrat dalam kacang merah tidak akan tingkatkan resiko diabetes.

Itu sayur dan buah di atas ialah contoh jika sayur dan buah bisa juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Kamu yang ingin turunkan berat tubuh dapat terus mengkonsumsinya selama tidak berlebihan. Saat itu, buat yang ingin menambahkan berat tubuh, sayur dan buah di atas bisa saja opsi yang baik!