Redakan Flu dengan Makanan Sehat

Redakan Flu dengan Makanan Sehat

Redakan Flu dengan Makanan Sehat – Flu atau influenza ialah penyakit yang biasa dirasakan, tapi masih jangan dipandang sepele.

Kemungkinan kamu berasa tanda-tandanya ringan, seperti pilek dan batuk. Namun, penyakit ini dapat memunculkan permasalahan kesehatan yang kronis jika tidak diatasi secara benar.

Redakan Flu dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Memang tidak ada penyembuhan khusus untuk pengobatannya. Umumnya ditangani dengan istirahat cukup dan minum obat untuk menurunkan tanda-tanda. Tetapi, ada banyak minuman dan makanan sehat yang direferensikan dengan mempercepat redakan flu. Apa sajakah? Ini daftarnya!

  1. Sup ayam

Sup ayam sudah lama dipandang seperti obat untuk tanda-tanda infeksi aliran pernafasan sisi atas. Berdasar riset dengan judul “Chicken Soup Inhibits Neutrophil Chemotaxis in Vitro” dalam jurnal Chest tahun 2000, diketemukan jika sup ayam kemungkinan memiliki kandungan beberapa zat dengan rutinitas penyembuhan yang berguna.

Baca Juga: Makanan Sehat Tinggi Kalori

Dampak antiinflamasi ringan menjadi salah satunya manfaat sup yang bisa kurangi tanda-tanda infeksi aliran pernafasan sisi atas.

Sup ayam menyatukan manfaat di antara kaldu dengan bahan tambahan. Daging ayam memberikan badan kamu zat besi dan protein. Kamu akan memperoleh gizi dari wortel, seledri, dan bermacam sayur yang lain yang ditambah.

Maka konsumsi sup ayam sepanjang flu dapat menolongmu masih terhidrasi, kenyang, dan memperoleh konsumsi gizi yang diperlukan badan. Tetapi, yakinkan tidak untuk menambah kebanyakan garam, ya.

  1. Makanan tinggi vitamin C

Sayur dan buah yang kaya vitamin C membantu memberikan dukungan mekanisme ketahanan tubuh. Banyak buah dan sayur yang kaya vitamin C yang sebagai sumber flavonoid yang baik sekali, yakni senyawa yang bisa memberi bermacam manfaat kesehatan.

Berdasar sebuah study yang diedarkan dalam jurnal Advances in Nutrition tahun 2016, flavonoid mempunyai bermacam dampak fisiologis pada manusia, terhitung antivirus, antiinflamasi, sitotoksik, antimikroba, dan anti-oksidan. Study dalam jurnal itu memperlihatkan peranan penting flavonoid dalam peranan mekanisme kebal pernafasan.

Sumber vitamin C dan flavonoid yang bagus mencakup:

  • Jeruk
  • Buah berry
  • Anggur merah atau ungu
  • Brokoli mentah
  • Sayuran hijau mentah dan berdaun gelap
  1. Bawang putih

Bawang putih mempunyai manfaat antivirus dan antimikroba. Oleh karenanya, bawang putih bisa membantu memberikan dukungan mekanisme kebal saat melawan infeksi, terhitung pilek atau flu.

Menurut sebuah laporan dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Ulasans tahun 2014, bawang putih mempunyai dampak dalam mencegah atau menyembuhkan flu biasa. Study itu memperlihatkan jika orang yang konsumsi bawang putih tiap hari sepanjang 3 bulan (bukan plasebo) alami semakin sedikit pilek.

  1. Sayur hijau

Merilis Medical News Today, sayur hijau memiliki kandungan banyak serat yang membantu pencernaan. Sayur hijau memberi gizi khusus yang mainkan peranan penting dalam memberikan dukungan ketahanan badan, misalnya:

  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Asam folat

Sayur berdaun hijau mempunyai karakter antibakteri dan dampak antiinflamasi. Oleh karenanya, perbanyak konsumsi sayur berdaun hijau dapat membantu menyembuhkan diri dari flu bisa lebih cepat.

  1. Jahe

Jahe bisa membantu menurunkan mual yang dapat mengikuti flu. Selain itu jahe bisa membantu proses pencernaan dan tingkatkan pengosongan lambung, sekalian kontraksi lambung secara efisien.

Kamu dapat menambah jahe ke sup ayam atau masakan yang lain. Kamu bisa juga membuat teh jahe untuk diminum hangat-hangat, lalu tambah dengan perasan lemon dan madu.

  1. Madu

Kecuali jahe, madu termasuk juga salah satunya obat tradisionil yang bisa menurunkan flu. Madu dijumpai mempunyai dampak anti-oksidan dan antiradang, hingga bisa memudahkan tanda-tanda flu.

Meskipun begitu, madu jangan dikasih ke anak umur di bawah satu tahun, karena beresiko mengakibatkan keracunan atau botulisme.

  1. Susu, telur, dan daging rendah lemak

Sumber protein, seperti susu, telur, dan daging, baik dimakan untuk kesehatan badan karena bisa jaga ketahanan badan masih kuat. Dengan begitu, mekanisme imun dapat semakin efisien dalam memberantas kuman dan virus pada tubuh.

Protein diperlukan untuk hasilkan anti-bodi, membenahi kumpulan sel tubuh yang hancur, dan memberikan dukungan proses pemulihan badan saat sakit atau cedera. Karena itu, Anda perlu memenuhi konsumsi protein sepanjang terserang flu supaya bisa cepat sembuh.

  1. Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin A dan anti-oksidan yang bagus untuk tingkatkan ketahanan badan. Kandungan vitamin B6 dalam wortel berperanan pada proses produksi anti-bodi atau zat ketahanan tubuh. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat memproses wortel jadi juice atau sebagai lahapan dan kombinasi dalam sup.

  1. Cabai

Cabai mempunyai kandungan senyawa capsaicin yang membuat berasa pedas. Kandungan ini bisa mencairkan dahak dan lendir di hidung dan kerongkongan, hingga cukup efisien untuk menurunkan tanda-tanda pilek dan batuk karena flu. Cabai baik dimakan sebagai makanan untuk menurunkan flu karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi.

  1. Pisang

Saat Anda mulai sembuh, janganlah lekas memilih untuk banyak konsumsi makanan padat. Beberapa hari awalnya, Anda semakin banyak konsumsi makanan yang sejumlah besar memiliki kandungan banyak cairan. Memerlukan periode peralihan saat sebelum Anda betul-betul balik ke rutinitas waktu sehat.

Makanan yang mempermudah peralihan balik ke rutinitas makan normal, seperti pisang, memungkinkan perut Anda lakukan rekonsilasi tanpa berasa mual atau kembung. Pisang mempunyai banyak kalium yang bisa membantu memudahkan nyeri otot dan kram, dan tanda-tanda flu biasa (common cold).

  1. Juice sayur

Langkah lain untuk selalu terhidrasi untuk konsumsi juice sayur fresh. Tidak seperti juice buah, juice sayur biasanya rendah gula. Ini menjadi salah satu menu makanan untuk flu yang mempunyai banyak anti-oksidan untuk tingkatkan ketahanan tubuh. Dengan membuatnya jadi juice, semua tipe sayur ini makin lebih gampang dimakan, terlebih bila tidak sedang selera makan.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengenyangkan, gampang dibikin, dan sebagai sumber serat yang baik. Merilis Medical News Today, serat prebiotik dalam oat dapat membantu memberikan makan bakteri sehat pada tubuh.

Menambah pisang ke oatmeal dapat memberi serat extra, dan vitamin seperti kalium. Ini kemungkinan benar-benar berguna untuk orang dengan tanda-tanda flu seperti demam, diare, dan muntah karena bisa kuras kandungan kalium dan elektrolit yang lain.

  1. Makanan tak Berasa

Flu dapat mengakibatkan mual dan makanan yang kaya seperti lemak kemungkinan tidak memikat buat lidah. Kamu dapat konsumsi makanan cemplang seperti roti panggang atau nasi murah, yang kemungkinan lebih gampang dimakan.

Kamu dapat memadukan roti panggang atau nasi merah dengan sup ayam atau makanan simpel berbasiskan nabati yang lain, untuk pastikan kamu mendapatkan cukup konsumsi mineral dan vitamin.

  1. Yoghurt

Yoghurt mampu memiara kesehatan dengan perkuat mekanisme ketahanan tubuh. Dampak ini didapatkan dari kandungan magnesium, selenium, dan zink dalam yoghurt yang bisa perkuat mekanisme ketahanan tubuh.

Yoghurt bisa juga membuat badan lebih tahan pada infeksi dan percepat pengobatan saat sakit, khususnya karena infeksi virus flu. Berdasar sebuah riset yang diedarkan dalam jurnal International Immunopharmacology tahun 2011, yoghurt peragian mampu menantang virus flu pada tikus. Tetapi, pastikan dampak ini pada manusia memerlukan riset selanjutnya.

  1. Yakinkan kecukupan cairan

Masih terhidrasi ialah salah kunci penting untuk membantu badan menantang flu. Merilis Medical News Today, berikut beberapa cairan yang kemungkinan benar-benar membantu:

  • Air: ginjal memakai air untuk buang produk sampah dari badan. Minum banyak air bisa membantu percepat pemulihan.
  • Air kelapa: air kelapa banyak potasium, sodium, serta klorida. Meminum dapat menolong mengubah elektrolit yang hilang oleh tubuh melalui keringat, muntah, ataupun menceret.
  • Air panas dengan madu, lemon, dan jahe: ramuan ini bisa memberikan nutrisi badan sekalian menangani mual.

Itu beberapa minuman dan makanan yang direferensikan untuk dimakan saat kamu sedang flu. Kecuali konsumsi makanan yang bergizi serta sehat, Anda bisa juga minum obat flu jika tanda-tanda yang ada cukup mengusik. Konsultasilah ke dokter jika tanda-tanda yang Anda alami tidak juga lebih baik walau sudah minum obat.