Si Merah yang Memiliki Beragam Manfaat

Si Merah yang Memiliki Beragam Manfaat

Bunga merah yang memiliki beragam manfaat yang di ketahui dan kenal dengan rosela atau roselle (Hibiscus sabdariffa) sangat bagus untuk kesehatan.

Tanaman ini masih juga dalam satu kerabat dengan bunga sepatu dan umum dibuat jadi teh herbal. Berdasar riset dengan judul “Nutritional and health importance of Hibiscus sabdariffa:

Ulasan and indication for research needs” dalam Journal of Nutritional Health dan Food Engineering tahun 2017, rosela ialah tanaman obat yang aman dimakan.

Si Merah Yang Memiliki Beragam Manfaat Tapi bukan Bunga Mawar

Kandungan vitamin C dalam rosella 3x semakin tinggi dari anggur hitam, 9x semakin tinggi dari jeruk, 10 kali semakin banyak daripada buah belimbing, dan 2,5 kali lipat dibanding vitamin C pada buah jambu biji.

Baca Juga: Sering Merasa Lapar Tanda Terlalu Banyak Makan Nasi

Kecuali kandungan vitamin C nya yang tinggi dari bunga merah yang memiliki beragam manfaat, di bawah ini kandungan gizi yang lain dalam 100 g (g) kelopak bunga rosella:

  • Protein: 2 g
  • Karbohidrat: 10,2 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Tiamin: 0,05 miligram (mg)
  • Riboflavin: 0,07 mg
  • Niacin: 0,06 mg
  • Vitamin C: 17 mg
  • Kalsium: 150 mg
  • Zat besi: 3 mg

Rosela dijumpai memiliki kandungan bermacam senyawa penting, yakni fotokimia yang dapat dipakai untuk memberikan dukungan pengatasan beberapa keadaan kesehatan atau penyakit. Untuk lebih detilnya, di bawah ini ringkasan sejumlah sumber berkenaan manfaat rosela untuk kesehatan.

  1. Mampu turunkan kandungan kolestrol

Riset dalam Journal of Nutritional Health dan Food Engineering tahun 2017 memperhatikan pasien cholesterol tinggi yang diberi konsentrat rosela sepanjang 3x dalam sehari. Hasilnya, konsentrat etanol dari daun rosela memperlihatkan menunjukkan hasil yang signifikan. Team periset mengaitkan jika konsentrat etanol dalam daun rosela mampu kurangi glukosa, cholesterol keseluruhan, dan kepadatan rendah lipoprotein.

Study dalam jurnal Food Chemistry tahun 2014 menerangkan jika konsentrat air dan etanol dari daun kelopak kering rosela mampu turunkan kandungan low-density lipoprotein (LDL) atau cholesterol jahat, trigliserida, cholesterol keseluruhan, dan lipid peroxi-daxionin vivo. Barisan senyawa dalam konsentrat itu ialah asam protocatechuic dan antosianin.

  1. Turunkan tekanan darah

Merilis dari Alodokter, manfaat rosella yang pertama ialah bisa membantu turunkan tekanan darah seorang. Beberapa riset memperlihatkan, konsentrat tanaman rosella bisa turunkan tekanan darah terutamanya pada pasien sindrom metabolik. Penyakit ini umumnya akan diikuti adanya kenaikan pada gula darah, cholesterol, tekanan berat tubuh dan darah.

Disamping itu, baik suplemen atau teh rosella mampu menahan seorang terserang hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Walau demikian, pemakaian teh rosella sebagai obat hipertensi harus tetap ditanyakan sama dokter ditambah dulu. Ini supaya penyembuhan itu tidak memunculkan efek yang lain pada pasien.

  1. Memiliki anti-oksidan yang kuat

Senyawa fenolik yang ada dalam teh rosella berperanan baik sekali sebagai antioksidan. Ada senyawa itu ternyata baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan badan loh.

Anti-oksidan sendiri berperanan dalam menahan beberapa penyakit masuk di dalam badan. Disamping itu, anti-oksidan mampu menantang bakteri serta virus yang bersarang dalam badan. Menariknya, anti-oksidan bisa membantu jaga badan dari kerusakan beberapa sel dan penuaan dini.

  1. Memiliki dampak antidiabetes

Mengambil sumber dari laporan dalam jurnal Food Chemistry tahun 2014, dilaksanakan riset pada tikus dengan diabetes. Dari sana, diketemukan jika pemberian konsentrat bunga rosela yang memiliki kandungan etanol sekitar 200 g per kg memiliki hipolipidemik dan anti-oksidan yang kuat.

Pada konsentrat rosela ada senyawa polifenol dan asam dihydrobenzoic, yang mana senyawa itu memberi dampak pada pengurangan dan menahan perubahan aterosklerosis.

Disamping itu, dilaksanakan riset kelanjutan pada manusia disebutkan jika teh rosela memberi manfaat berarti pada profile lipid darah dengan tingkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau cholesterol baik, pengurangan cholesterol keseluruhan, dan kurangi kandungan LDL dan trigliserida.

  1. Kurangi resiko kegemukan

Bermacam riset memperlihatkan, tanaman rosella bisa kurangi dan menghalangi penimbunan jaringan lemak pada badan. Ini karena ada kandungan anti-oksidan flavonoid dan polifenol yang berada di tanaman rosella.

Karena hal tersebut , tanaman rosella bisa membantu seorang tercegah dari obesitas. Selain itu, kalian harus juga menyamakan dengan lakukan olahraga secara teratur dan jaga skema makan sehat. Walau demikian, konsumsi lah teh tanaman rosella secukupnya. Jika ada tanda-tanda lain, selekasnya kerjakan pengecekan ke dokter. Karena, jumlah aman konsumsi tanaman rosella masih belum tahu secara pasti.

  1. Menahan kanker

Tanaman rosela kaya senyawa fenolik. Senyawa fenolik memberi dampak pelindungan ke sitotoksisitas dan genotoksisitas yang diinduksi dengan tert-butyl-hidroperoksida.

Langkah kerja dari senyawa fenol yakni kurangi tipe oksigen reaktif-cies (ROS), fragmentasi DNA, penangkapan G1, dan apoptosis.

  1. Mencegah Terserang Penyakit Jantung

Membantu menahan terserang penyakit jantung jadi salah satunya manfaat rosella yang jarang-jarang diakui. Seperti diterangkan awalnya, tanaman ini mampu menangani kandungan cholesterol yang tinggi. Tidak itu saja, rosella bisa juga membantu turunkan tekanan darah pada badan.

Perihal ini pula yang membuat tanaman rosella mampu menahan seorang terserang penyakit kardiovaskular. Dimulai dari penyakit jantung, stroke sampai aterosklerosis. Dengan mengkonsumsinya, resiko terserang penyakit jantung dapat makin berkurang. Tetapi ingat, tanyakan lah ke dokter pakar bila ingin konsumsi teh rosella untuk kurangi penyakit jantung.

  1. Tingkatkan Kebal Badan

Manfaat rosella yang ini pasti benar-benar berguna untuk warga yang kini sedang ada di periode wabah Covid-19. Dengan bagusnya mekanisme ketahanan tubuh, bermacam penyakit akan susah untuk masuk dan menghancurkan beberapa sel badan. Khususnya penyakit yang disebabkan dari factor pengubahan cuaca tidak menentu. Karena, di keadaan semacam itu umumnya badan akan alami pengurangan mekanisme imun karena pengubahan yang signifikan.

Sebagai usaha pelindung diri, kalian dapat konsumsi teh rosella. Tetapi seperti awalnya, sebaiknya kalian konsumsi teh rosella tidak secara berlebihan. Jika ada tanda-tanda tertentu, selekasnya lah berobat ke dokter pakar di dalam rumah klinik kesehatan atau sakit.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Konsumsi teh herbal rosella bisa membantu menurunkan kram dan nyeri haid dan mengembalikan kesetimbangan hormonal (yang dapat kurangi tanda-tanda menstruasi yang lain seperti pengubahan situasi hati, stres, dan makan berlebihan).

Demikian beberapa manfaat tanaman rosela yang rupanya menyehatkan. Meskipun begitu, masih perlu penelitan selanjutnya untuk betul-betul ketahui faedahnya dan kekuatan dampak sampingnya. Yakinkan tidak untuk mengkonsumsinya terlalu berlebih, ya. Untuk ibu hamil dan menyusui, seharusnya tanyakan ke dokter saat sebelum mengonsumsinya.

  1. Memiliki Karakter Antidepresan

Teh rosella memiliki kandungan karakter antidepresan seperti flavonoid. Hingga bisa membantu menentramkan mekanisme saraf, dan membantu kurangi kecemasan dan stres dengan membuat kesan santai pada pemikiran dan badan.

Panduan Konsumsi Teh Rosella

Disarankan untuk Anda mengkonsumsinya sekitar 1,5 – 3 gr setiap hari di dalam 1-2 cangkir teh. Tetapi, jika Anda mempunyai masalah peranan hati, seharusnya tanyakan sama dokter lebih dulu saat sebelum konsumsi teh rosella. Ini karena konsumsi teh rosella terlalu berlebih bisa tingkatkan resiko keracunan hati. Disamping itu, teh rosella pun tidak dianjurkan untuk dimakan oleh ibu menyusui atau hamil.

Teh rosella bisa mempengaruhi kandungan gula darah pada tubuh, hingga berpengaruh pada susahnya mengatur gula darah untuk Anda yang konsumsi obat diabetes. Jauhi juga konsumsi teh rosella bersama-sama dengan beberapa obat, seumpama paracetamol, karena bisa tingkatkan resiko berlangsungnya hubungan obat.

Beberapa riset memang mengutarakan ada manfaat teh rosella untuk kesehatan. Tetapi, hingga saat ini efek dan jumlah ukuran aman konsumsi teh rosella masih perlu ditelaah lebih lanjut. Supaya lebih aman, seharusnya tanyakan pada dokter bila ingin memakai teh rosella sebagai penyembuhan herbal.